Pasar Rawa Bening, Pusat Batu Akik dan Perabot Plastik

Pasar Rawa Bening Jakarta Timur berdiri sudah sejak tahun 1980. Di pasar ini terkenal karena menjadi sentra batu akik. Meskipun sudah tidak serame saat booming batu akik, dan daya beli masyarakat akan batu mulia tersebut sudah menurun. Tetapi Pasar Batu Akik Rawa Bening atau Jakarta Gems Center (JGC) tetap bertahan, karena kolektor batu akik masih banyak.

Pasar Rawa Bening

Saat batu akik sedang menjadi trend, pengunjung Pasar Rawa Bening tidak hanya warga Jakarta saja, orang-orang manca pun banyak yang kulakan disini seperti dari Taiwan, Thailand, Malaysia dan Korea.

Batu Akik Pasar Rawa Bening

Alamat Pasar Rawa Bening Jalan Bekasi Barat Raya No.2, Jatinegara, Kota Jakarta Timur. Lokasi tepat berada di depan stasiun Jatinegara.

Tetapi para pedagang batu akik di pasar ini berasal dari berbagai daerah seperti Bengkulu, Aceh, Palembang, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah bahkan dari Sulawesi. Pasar Rawa Bening buka jam 08.00 dan tutup jam 17.00.

Harga batu akik di Pasar Rawa Bening bermacam-macam. Misalnya kecubung, lavender dan pancawarna dijual dengan harga Rp 250.000 sampai Rp 350.000 per kilo. Sedangkan batu yang paling laris adalah batu kalimaya, batu bacan dan batu ijo garut.

Batu bacan berasal dari Pulau Bacan di Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Batu bacan terdiri atas dua jenis, yaitu bacan doko hijau tua dan bacan palamea hijau muda kebiruan. Di Pasar Rawa Bening harga batu bacan ini bisa mencapai 50 juta. Bahkan, ada yang sampai 70 juta, menyaingi batu rubi dan safir.

Di lantai 2 Pasar Rawa Bening, ada laboratorium batu mulia Tasbih Scientific Gemological Laboratory sehingga jika pembeli ragu bisa cek keaslian batu tersebut di tempat ini.

batu akik Pasar Rawa Bening

Sekarang ini di Pasar Rawa Bening yang tersisa adalah orang benar-benar adalah penghobi batu akik sejati, tidak ada lagi mereka yang penggemar musiman. Sehingga jika ada kolektor yang membeli, dia akan menghargai sesuai dengan hobinya.

Harga yang termasuk turun adalah mesin gosok, bahkan jarang dibeli, sedangkan gagang cincin atau ikatan juga turun drastis, seperti titanium yang turun per bijinya hanya berkisar Rp 9.000 sampai Rp 10.000, per satu ikatan cincin.

Perabotan Plastik Pasar Rawa Bening

Tidak hanya terkenal dengan batu akik, Pasar Rawa Bening juga dikenal sebagai pusat perabotan plastik dengan harga murah.

Bermacam perabot rumah tangga berbahan plastik berderet rapih di pinggir Jalan Jatinegara, Jakarta Timur. Hampir semua kebutuhan rumah tangga seperti boks plastik dengan bentuk cantik, ember berbagai ukuran, kursi plastik warna warni, sapu, tempat sampah, karpet plastik, kemoceng dan lainnya yang berbahan plastik lengkap dijual di Pasar Rawa Bening ini. Soal harga, tentulah sangatlah bersahabat. Para pengunjung cukup merogoh kocek mulai Rp 5.000 hingga Rp 150 ribu.

Harga yang terkesan miring itu disebabkan barang barang yang dijual berasal dari China. Kendati demikian, ada pula perabotan plastik yang ia jual dengan kualitas yang sebanding. Namun harga yang murah serta warna yang lebih variatif membuat produk China lebih diminati oleh masyarakat.

Ada juga produk buatan Indonesia, tapi karena harga yang murah dengan pilihan warna yang banyak jadi merek luar seperti China yang paling dicari ibu-ibu.

Jika dibandingkan dengan swalayan, harga perabotan plastik di Pasar Rawa Bening tentunya lebih murah. Apalagi jika Anda pandai menawar, pasti bisa mendapatkan harga yang lebih rendah dari harga awalnya.

Download Ebook Grosir Kulakan

Form Permintaan Link Download Ebook

Puluhan ribu data bisnis kulakan, grosir, distributor dan produsen seluruh Indonesia. Yang dikemas dalam bentuk ebook. Sudah di kelompokkan menurut jenis barangnya, semua lengkap dengan alamat dan contact personnya.

Silahkan isi form yang ada di bawah, link download akan kami informasikan via email Anda. Agar form Anda kami approve, silahkan klik fanspage dibawah ini :
Nama Depan :
Nama Belakang :
E-Mail :
Informasi Terbaru

Anda akan belajar bagaimana memilih produk, supplier, promosi, teknik jualan, menghandle customer, membuat toko online, mengurus legalitas bisnis sampai mengelola keuangan. Jika Anda belum ada modal, materi dropship & reseller akan membuka mata betapa nikmatnya jualan itu.

Materi disampaikan oleh ahlinya seperti, Saptuari Kedai Digital, Diajeng pemilik HijUP.com, Muhammad Rosihan owner Saqina.com, Suryadin Dosen Jualan, Afrig Owner CoverSuper.com. Fikry Fatullah Owner YukBisnis.com, Ahmad Zaki Founder BukaLapak.com dan masih banyak lagi.